Kuesioner Penelitian: Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Penggunaan Robo-Advisor untuk Investasi


Kepada responden yang terhormat,

 

Perkenalkan saya Darin Amanda Zakiya, mahasiswa tingkat akhir jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Saat ini, saya sedang melakukan penelitian untuk memenuhi tugas akhir sebagai syarat kelulusan S1 dengan topik "Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Penggunaan Robo-Advisor untuk Investasi".

 

Portofolio investasi adalah kumpulan instrumen investasi (emas, reksa dana, properti, obligasi, saham, dan lainnya) yang dimiliki oleh seseorang ataupun perusahaan.

 

Robo-advisor adalah layanan digital dan produk kecerdasan buatan yang menyediakan layanan rekomendasi perencanaan keuangan (portofolio investasi) bagi investor berdasarkan algoritma secara otomatis. Robo-advisor biasanya mengumpulkan data atau informasi pengguna berupa data diri pengguna (umur, pendidikan, dan status), situasi keuangan, tujuan investasi, dan juga profil risiko melalui pertanyaan kuesioner online pada aplikasi yang menyediakan layanan robo-advisor. Robo-advisor akan menawarkan rekomendasi portofolio investasi serta secara otomatis menginvestasikan aset pengguna berdasarkan data yang didapatkan dari kuesioner online yang diisi pengguna. Robo-advisor juga akan melakukan penyesuaian atau penyeimbangan portofolio investasi untuk mempertahankan alokasi optimal seiring dengan peribahan yang terjadi di pasar.

 

-rTTi1hIXjpAypW3S4qmN_tju7dl7QFcDvXl8r1H

Gambar 1. Contoh portofolio investasi reksa dana yang direkomendasikan  robo-advisor berdasarkan data yang diisi pengguna pada kuesioner online di aplikasi Bibit

 

Beberapa aplikasi di Indonesia yang menyediakan atau pernah menyediakan layanan robo-advisor adalah Bibit, Bareksa, Halofina, Ajaib, Generali, Investasikita, Moduit, KoinWorks, dan CommBank SmartWealth.

 

Mohon kesediaan Anda untuk meluangkan waktu selama 10-15 menit untuk mengisi survei ini. Tidak ada jawaban benar atau salah dalam survei ini. Semua data yang diperoleh terjamin kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk keperluan penelitian. Mohon untuk membaca survei ini dengan saksama demi kelancaran dan kelengkapan proses pengisian.

 

Sebagai bentuk apresiasi atas kesediaan Anda dalam mengisi survei ini, akan ada total hadiah sejumlah Rp500.000,00 untuk 10 responden yang beruntung.

 

Apabila terdapat pertanyaan, kritik, atau saran silakan hubungi saya melalui email: darin.amanda@ui.ac.id

 

Terima kasih dan selamat mengisi survei!


Survei ini memiliki 18 pertanyaan