Analisis Pengaruh Online Review Terhadap Actual Purchases Dalam E-Commerce



Halo perkenalkan, saya Ihsan Putrananda, mahasiswa Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia Angkatan 2016. Saat ini, saya sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir S1 dengan topik “Analisis Pengaruh Online Review Terhadap Actual Purchases Dalam E-Commerce".

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online review yang diberikan dan digunakan oleh para pelanggan E-Commerce terhadap keputusan untuk membeli suatu produk dalam E-Commerce. Beberapa contoh E-Commerce yang kerap digunakan oleh para pelanggan untuk membeli suatu produk secara online adalah Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada, dan Bukalapak. Online Review atau ulasan online memiliki pengertian berupa ulasan dan sumber informasi berupa kritik dan saran mengenai produk yang telah dibeli dan digunakan oleh para pelanggan di E-Commerce.

 

Oleh karena itu, saya memohon ketersediaan Anda untuk dapat mengisi kuesioner ini, jika

 

Anda Pernah berbelanja minimal sekali secara online melalui beberapa E-Commerce yang ada di Indonesia dan pernah membaca minimal sekali online review yang disediakan oleh E-Commerce

 

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan survei ini adalah 10 sampai 15 menit. Tidak ada jawaban yang benar maupun salah dalam survei ini.

Survei ini terdiri dari 3 bagian. Bagian 1 terdiri atas 1 pertanyaan. Bagian 2 terdiri atas 15 pertanyaan. Bagian 3 terdiri atas 32 pertanyaan.  

Data-data yang didapatkan dari survei ini akan dijaga kerahasiaannya untuk kepentingan penelitian dan tidak akan diberikan kepada pihak ketiga.

 

Saya mengucapkan terima kasih kepada responden yang telah meluangkan waktunya untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Partisipasi Anda dalam mengisi survei ini akan sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir ini. Sebagai bentuk apresiasi, saya akan memberikan hadiah pulsa atau saldo OVO/GO-PAY/DANA/Shopee-pay dengan total Rp. 500.000 bagi 10 responden yang beruntung. Hadiah tersebut akan diundi setelah periode pengumpulan data berakhir.

 

Apabila terdapat kritik maupun saran dapat disampaikan kepada peneliti melalui email : ihsan.putrananda@ui.ac.id

 


Survei ini memiliki 17 pertanyaan