Kepada responden yang terhormat,
Perkenalkan saya Raihansyah Attallah Andrian, mahasiswa tingkat akhir jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia angkatan 2017. Saat ini, saya sedang melakukan penelitian untuk memenuhi tugas akhir sebagai syarat kelulusan S1 dengan topik “Analisis Faktor Pemenuhan Kebutuhan Komitmen Komunitas terhadap Intensi Pembelian pada Aplikasi Game Online”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pemenuhan kebutuhan seseorang untuk bergabung pada suatu komunitas game online dan dampaknya ke niat pembelian virtual goods pada game online tersebut.
Komunitas Game Online yang saya maksud berupa sekumpulan orang yang memainkan suatu Game Online yang sama. Komunitas Game Online juga tidak harus berupa komunitas yang ada secara formal. Sebuah grup terdiri dari beberapa teman yang suka memainkan game online yang sama dapat dikatakan sebagai suatu komunitas game online juga. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari komunitas game online adalah sebagai sarana komunikasi antar pemain yang memiliki ketertarikan terhadap game yang sama. Beberapa contoh komunitas game online adalah:
1. Komunitas DOTA 2 Indonesia: https://steamcommunity.com/groups/DOTA2INA
2a. Komunitas Genshin Impact International: https://www.hoyolab.com/genshin/
2b. Komunitas Genshin Impact International Non Formal: https://discord.com/invite/Spu5PHH
3a. Komunitas Pokemon Indonesia: https://pkmn-id.com/
3b. Komunitas Pokemon Indonesia Non Formal: https://discord.com/invite/c9cdBHc
Saya mohon kesediaan Anda yang sedang bergabung pada suatu komunitas game online dan berusia 14 tahun ke atas untuk meluangkan waktu selama 10-15 menit mengisi kuesioner ini. Dalam penelitian ini, yang dimaksud dengan "bergabung" pada suatu komunitas tidak hanya terbatas pada berpartisipasi aktif dalam komunitas. Melainkan menikmati konten yang ada pada komunitas tersebut sudah dapat dikatakan tergabung dalam komunitas game tersebut. Demi kelancaran penelitian, diharapkan untuk membaca seluruh pertanyaan dan pernyataan dengan seksama dan menjawab jujur karena tidak ada jawaban benar atau salah. Data yang diperoleh bersifat rahasia dan hanya akan digunakan untuk keperluan penelitian serta tidak disebarluaskan ke pihak manapun.
Terima kasih atas kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner ini. Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi yang telah diberikan, akan ada total hadiah GoPay sejumlah Rp500.000 untuk 10 responden yang beruntung.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi saya melalui email: raihansyah.attallah@ui.ac.id