Kuesioner Penelitian: Faktor-Faktor yang Mendorong Perilaku Gift-Giving kepada Live Streamer


Kepada responden yang terhormat,

 

Perkenalkan nama saya Christopher Y Hasian Tamba, mahasiswa tingkat akhir jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Saat ini, saya sedang melakukan penelitian tugas akhir dengan topik “Faktor-Faktor yang Mendorong Perilaku Gift-Giving kepada Live Streamer. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong niat perilaku gift-giving kepada live streamer.

 

Perilaku gift-giving merujuk kepada pemberian secara sukarela dalam bentuk uang maupun benda bukan uang (virtual gift) kepada live streamer. Pemberian dalam bentuk uang atau yang dikenal dengan sebutan donasi biasa dilakukan dengan bantuan platform pihak ketiga, seperti ​Saweria, Nyawer.co, SociaBuzz, dan Trakteer. Sementara itu, pemberian dalam bentuk benda bukan uang (virtual gift) merujuk kepada item-item digital yang dapat dibeli dengan uang pada platform-platform layanan live streaming (contoh: Twitch Bits pada Twitch, Paid Gifts/Reaction pada TikTok Live/Nimo TV/Bigo Live, dan Stars pada Facebook Gaming). Penonton biasanya dapat berdonasi atau memberikan virtual gift kepada live streamer pada saat menonton tayangan live streaming pada berbagai platform, seperti YouTube, Twitch, TikTok, Nimo TV, Bigo Live, dan Facebook Gaming. 

 

Oleh karena itu, saya mohon kesediaan Anda yang pernah berdonasi atau memberikan virtual gift kepada seorang live streamer minimal satu kali untuk mengisi kuesioner ini. Data yang diperoleh hanya akan digunakan untuk keperluan penelitian dan tidak akan disebarluaskan ke pihak manapun. Pengisian kuesioner ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Sebagai bentuk apresiasi atas kesediaan Anda, akan ada hadiah berupa Gopay/OVO/Dana/ShopeePay dengan total Rp500.000,00 untuk 10 responden beruntung. Hadiah tersebut akan diundi setelah periode pengumpulan data selesai dan diberikan kepada responden beruntung yang telah melengkapi data nomor handphone atau email.

 

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner ini. Apabila terdapat saran, kritik, ataupun pertanyaan, Anda dapat menghubungi saya melalui email: christopher.y@ui.ac.id.


Survei ini memiliki 11 pertanyaan