Kuesioner Kegiatan Berbagi Informasi di Media Sosial

 

Kuesioner ini berkaitan dengan motivasi pembagian jenis informasi di media sosial. Hasil penelitian ini akan digunakan untuk mendukung penelitian S1 mahasiswi Afira Putri Ghaisani.

Perkenalkan nama saya Afira Putri Ghaisani, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Saat ini saya sedang melakukan penelitian terkait pembagian jenis informasi di media sosial dan sangat membutuhkan partisipasi Anda untuk mengisi kuesioner ini. Hasil penelitian ini akan digunakan untuk mendukung penelitian S1 saya.
 
Kuesioner ini terbagi menjadi enam bagian dengan total 22 pertanyaan. Estimasi pengerjaan kuesioner ini adalah 5 - 10 menit. Mohon bantuan Anda untuk menjawab kuesioner ini secara jujur, sesuai dengan kondisi diri Anda. 
 
Seluruh informasi yang Anda berikan melalui kuesioner ini akan dirahasiakan dan hanya digunakan untuk keperluan penelitian. Apabila terdapat pertanyaan terkait kuesioner atau penelitian ini, Anda dapat menghubungi peneliti melalui afiraputri27@gmail.com (e-mail) atau 081285321984 (telepon). Atas perhatian dan partisipasi Anda, saya ucapkan terima kasih.
 
Berikut ini merupakan kategori media sosial yang digunakan pada penelitian ini:
- Social networking sites: situs untuk berbagi informasi di kehidupan sehari-hari
- Microblogging sites: situs untuk berbagi informasi singkat yang dibatasi karakter
- Wikis: situs yang berisikan kumpulan informasi
- Online Blogs: jurnal pribadi yang dipublikasikan di internet
- Online Forums: situs diskusi antar pengguna terkait suatu topik tertentu
 
 
* Dengan mengisi kuesioner ini, maka Anda bersedia menjadi responden penelitian ini dan bersedia dihubungi jka terdapat data mengenai Anda yang kurang lengkap. 

Survei ini memiliki 22 pertanyaan

Data Diri

Isilah data diri berikut sesuai dengan diri Anda

* Email/No. Hp

* Jenis kelamin
Umur
* Pendidikan terakhir:
* Pekerjaan
* Media sosial yang paling sering diakses
* Berapa kali Anda mencari informasi di media sosial dalam satu hari?

Informasi Personal

Jenis informasi personal adalah informasi yang bersifat private atau sensitif.

* Di media apa Anda ingin membagikan informasi personal/private Anda (kesehatan Anda, detail keluarga)?
(Berikan nilai yang sesuai untuk tiap kategori media sosial)
  Sangat Tidak Ingin Tidak Ingin Biasa Saja Ingin Sangat Ingin


Social Networking Sites (Facebook, LinkedIn, Snapchat, dll.)



Microblogging sites (Twitter)



Wikis (Wikipedia, WikiHow)



Online Blogs (Blogspot, Tumblr)



Online Forums (Kaskus)



* Apa yang membuat Anda ingin membagikan suatu informasi personal/private Anda (kesehatan Anda, detail keluarga) di media sosial?
(Boleh pilih lebih dari satu)
* Faktor apa saja yang membuat Anda mempercayai suatu informasi personal/private (kesehatan Anda, detail keluarga) yang didapatkan dari media sosial?

Informasi Sensational

Jenis informasi sensational adalah informasi yang didiskusikan oleh orang banyak dalam jangka waktu yang singkat.

* Di media apa Anda ingin membagikan informasi sensational (breaking news, gosip, sport)?
(Berikan nilai yang sesuai untuk tiap kategori media sosial)
  Sangat Tidak Ingin Tidak Ingin Biasa Saja Ingin Sangat Ingin


Social Networking Sites (Facebook, LinkedIn, Snapchat, dll.)



Microblogging sites (Twitter)



Wikis (Wikipedia, WikiHow)



Online Blogs (Blogspot, Tumblr)



Online Forums (Kaskus)


* Apa yang membuat Anda ingin membagikan suatu informasi sensational (breaking news, gosip, sport) di media sosial?
(Boleh pilih lebih dari satu)
* Faktor apa saja yang membuat Anda mempercayai suatu informasi sensational (breaking news, gosip, sport) di media sosial?

Informasi Political

Jenis informasi political adalah informasi atau berita yang berhubungan dengan pemerintahan.

* Di media apa Anda ingin membagikan informasi political (contoh: Pilkada Jakarta 2017)?
(Berikan nilai yang sesuai untuk tiap kategori media sosial)
  Sangat Tidak Ingin Tidak Ingin Biasa Saja Ingin Sangat Ingin


Social Networking Sites (Facebook, LinkedIn, Snapchat, dll.)



Microblogging sites (Twitter)



Wikis (Wikipedia, WikiHow)



Online Blogs (Blogspot, Tumblr)



Online Forums (Kaskus)


* Apa yang membuat Anda ingin membagikan suatu informasi political (contoh: Pilkada Jakarta 2017) di media sosial?
(Boleh pilih lebih dari satu)
* Faktor apa saja yang membuat Anda mempercayai suatu informasi political (contoh: Pilkada Jakarta 2017) di media sosial?

Informasi Casual

Jenis informasi casual adalah informasi santai yang biasa dibagikan ke teman atau rekan kerja.

* Di media apa Anda ingin membagikan informasi casual (contoh: rekomendasi tempat makan, quote, lelucon)?
(Berikan nilai yang sesuai untuk tiap kategori media sosial)
  Sangat Tidak Ingin Tidak Ingin Biasa Saja Ingin Sangat Ingin


Social Networking Sites (Facebook, LinkedIn, Snapchat, dll.)



Microblogging sites (Twitter)



Wikis (Wikipedia, WikiHow)



Online Blogs (Blogspot, Tumblr)



Online Forums (Kaskus)


* Apa yang membuat Anda ingin membagikan suatu informasi casual (contoh: rekomendasi tempat makan, quote, lelucon) di media sosial?
(Boleh pilih lebih dari satu)
*
Faktor apa saja yang membuat Anda mempercayai suatu informasi casual (contoh: rekomendasi tempat makan, quote, lelucon) yang didapatkan dari media sosial?


Informasi Experience

Jenis informasi experience adalah informasi terkait pengalaman saat melakukan suatu kegiatan.

* Di media apa Anda ingin membagikan informasi experience Anda (contoh: pengalaman liburan, pengalaman makan di restoran)?
(Berikan nilai yang sesuai untuk tiap kategori media sosial)
  Sangat Tidak Ingin Tidak Ingin Biasa Saja Ingin Sangat Ingin


Social Networking Sites (Facebook, LinkedIn, Snapchat, dll.)



Microblogging sites (Twitter)



Wikis (Wikipedia, WikiHow)



Online Blogs (Blogspot, Tumblr)



Online Forums (Kaskus)


* Apa yang membuat Anda ingin membagikan suatu informasi experience Anda (contoh: pengalaman liburan, pengalaman makan di restoran) di media sosial?
(Boleh pilih lebih dari satu)
* Faktor apa saja yang membuat Anda mempercayai suatu informasi experience (contoh: pengalaman liburan, pengalaman makan di restoran) yang didapatkan dari media sosial?