Kuesioner Penelitian Faktor-Faktor yang Memengaruhi Resistansi Adopsi Online Marketplace pada UMKM



Kepada responden yang terhormat. Perkenalkan, nama saya Dwipuspa Ramadhanti Santoso, mahasiswa tingkat akhir Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Saat ini, saya sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir saya yang berjudul “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Resistansi (Keengganan) Adopsi Online Marketplace pada UMKM”. 

 

Saat ini, Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, kalangan UMKM sendiri pada online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.id, GoFood, dan GrabFood masih sangat sedikit yaitu hanya sebanyak 9%.

 

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi resistansi atau keengganan UMKM dalam menggunakan online marketplace. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki sebuah usaha/bisnis, saya meminta bantuan Anda agar bersedia meluangkan waktu Anda untuk mengisi kuesioner secara jujur.

 

Tidak ada jawaban benar atau pun salah dalam kuesioner ini. Data yang Anda masukkan tidak akan disalahgunakan dan akan digunakan untuk kepentingan penelitian ini saja. Sebagai bentuk apresiasi atas kesediaan Anda, akan ada hadiah berupa Gopay/OVO/Dana dengan total Rp500.000 untuk 10 responden beruntung.

 

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner ini. Apabila terdapat saran, kritik, atau pertanyaan, Anda dapat menghubungi saya dengan mengirim email ke: dwipuspa.ramadhanti@ui.ac.id.

 

Terima kasih atas waktu Anda.


Survei ini memiliki 20 pertanyaan