Kuesioner Penelitian Perilaku Penggunaan Filter Wajah Berbasis AR di Aplikasi Jejaring Sosial


Kuesioner ini ditujukan untuk penelitian Tugas Akhir (Skripsi) mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia 

Perkenalkan kami Muhammad Alfi Syakir, Shafira Ayu, Yobelio Ekaharja Putra, mahasiswa tingkat akhir jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia angkatan 2018. Saat ini, kami sedang melakukan penelitian yang melihat gambaran perilaku penggunaan filter wajah berbasis AR pada berbagai jejaring sosial sebagai syarat kelulusan S1. Penelitian ini akan berisikan faktor-faktor yang memengaruhi perilaku penggunaan filter wajah berbasis AR di aplikasi jejaring sosial (Instagram, Facebook, TikTok, Snapchat). Adapun contoh-contoh filter wajah berbasis AR di aplikasi jejaring sosial seperti pada gambar berikut. 


SYXX8A_PHa5WGWj3ozZToFusVBG4R3rmn-knBVG1d2tgCY1lxwZEUhaAflsSPWofrrCVtcAdX7ow5wslD6VeeUr5Ls1pR-QWASuuJDZdCbJbV99xGJ34r50o-tt4sP8hM0ThXEgwbaJwGpp8fdwvjWjd4jIxTcS_VZTIOTNjbo6YzqW6-44sJlKVs3LR5VKWUGWUNQJnzaitQxNZ-Gjlnb8hsuN6KuTqR3LSQ99XNKAuEpSf

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan objek virtual dengan dunia nyata yang memungkinkan perangkat atau aplikasi memunculkan proyeksi berupa suara, grafik, dan video di samping dunia nyata. AR face filter adalah filter wajah berbasis AR yang merupakan salah satu fitur yang tersedia di aplikasi jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan Snapchat.
 
Apabila Anda pengguna aktif filter wajah di salah satu jejaring sosial (Instagram, Facebook, TikTok, Snapchat), kami mohon kesediaan Anda untuk meluangkan waktu selama 10-15 menit untuk mengisi survei ini. Tidak ada jawaban yang benar maupun salah dalam survei ini. Partisipasi Anda bersifat sukarela dan data yang diperoleh bersifat rahasia serta hanya akan digunakan untuk keperluan penelitian. Dimohon untuk membaca survei dengan saksama demi kelancaran dan kelengkapan proses pengisian.
 
Sebagai bentuk apresiasi atas respon yang telah diberikan, akan ada total hadiah GoPay/OVO/ShopeePay/uang sejumlah Rp500.000 untuk 10 responden yang beruntung.
 
Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi saya melalui email: shafira.ayu81@ui.ac.id 
 
Terima kasih atas kesediaan Anda untuk mengisi kuesioner ini. 

 


Survei ini memiliki 16 pertanyaan